Selamat Datang

Ini adalah Blog khusus untuk siswa-siswi Teknik Gambar Bangunan SMKN 3 Tegal yang berisi tentang materi pendukung mata pelajaran Arsitektur yang diambil dari Link yang berkaitan dengan Arsitektur dan Metode Menggambar Teknik.

Rabu, 08 Februari 2012

Ujian Kompetensi Keahlian (UKK) Teknik Gambar Bangunan SMKN 3 Tegal

Kompetensi siswa SMK diuji untuk memperoleh acuan mengenai tingkat kesiapan menghadapi setiap kebutuhan dunia kerja dimasing-masing program keahliannya.Sebagai tolak ukur tingkat keberhasilan siswa SMK, Siswa harus lebih banyak menguasai kebutuhan industri terkini, dan jangan puas dengan apa yang telah diperolehnya di Sekolah .
Keberadaan Dunia Industri sangat berarti dalam pemenuhan kebutuhan kompetensi saat ini. Sehingga dalam proses tersebut diharapkan pihak internal/ sekolah dan eksternal/DUDI dapat berperan semestinya. Kesesuaian kurikulum dengan kebutuhan Dunia Industri memiliki peranan besar sehingga lulusan SMK memang telah dipersiapkan untuk senantiasa mengikuti kebutuhan industri.
 Pada UKK ini kelulusan tidak hanya dinilai dari keahlian siswa di lapangan tapi juga dari project work atau rencana kerja.
Siswa dinyatakan lulus jika project work tersebut sesuai dengan apa yang dikerjakannya dan sesuai dengan prosedur operasional standar Ujian Nasional Dijelaskannya, selain menguji kemampuan kompetensi atau keahlian siswa di dunia kerja, tim penilai juga akan menyesuaikan dengan projeck word yang dibuat siswa. Projek work meliputi proses pembuatan denah dan estimasi Rencana Anggaran Biayanya.
Penilai adalah tim internal dan eksternal. Untuk tim ekternal ujian kompetensi bidang keahlian Teknik gambar bangunan dinilai pihak  CV GEMA ALAM TEGAL. Sedangkan tim penilai internal terdiri dari TIM PENGAJAR Teknik Gambar Bangunan.
Tujuan Dilaksanakanya UKK:
  1. Supaya siswa benar – benar memiliki kompetensi keahlian yang dipilihnya di sekolah.
  2. Supaya siswa mampu bersaing baik didalam negeri maupun diluar negeri setelah lulus dari sekolah.
  3. Merupakan syarat wajib yang harus dilaksanakan setiap sekolah untuk pelaporan kediknas pendidikan.
  4. Merupakan syarat utama untuk mengikuti ujian nasional dan ujian akhir sekolah.
Kegiatan UKK:
Dilaksanakan sejak tanggal 16 Januari 2012 sampai dengan tanggal 29 februari 2012 diikuti 55 siswa tingkat XII yang dibagi dalam 3 sesi ujian, yang setiap sesinya terdapat 18 siswa. UKK terdiri dari ujian gambar desain rumah tinggal secara manual, dengan program autocad beserta estimasi RABnya

Laporan ADE WARASTUTI,SPd (guru Teknik Gambar. Bangunan SMKN 3 Tegal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar